Select Page

Membaca Al Quran Sambil Berjalan – Ketika membaca Al Quran sambil berjalan lalu melewati suatu kaum, hendaklah ia menghentikan bacaannya dan mengucapkan salam kepada mereka lalu meneruskan bacaannya. Jika mengulang ta’awudz ketika hendak meneruskan bacaannya maka itu baik. Jika ia membacanya sambil duduk lalu ada yang melewatinya, Imam Abu Hasan Al-Wahidi mengatakan,

“Yang paling utama orang yang melewatinya tidak perlu memberi salam padanya karena ia sedang sibuk dengan Al Quran. Jika ia memberi salam kepada orang yang membaca Al Quran maka cukup baginya menjawab dengan isyarat. Jika ia ingin menjawabnya dengan ucapan, ia bisa menjawabnya kemudian memulai lagi dengan ta’awudz dan melanjutkan bacaannya.” Perkataan ini lemah, yang benar wajib menjawabnya dengan ucapan.

Para ulama madzhab Syafi’i mengatakan: “Jika Khatib sedang khutbah Jumat, lalu seseorang datang dan mengucapkan salam maka menurut pendapat yang paling shahih dari dua pendapat adalah wajib menjawab salamnya. Mereka berpendapat; ini berkaitan menjawab salam ketika membaca Al Quran, yang berdasarkan ijmak tidak haram berbicara; maka lebih utama dikatakan: menjawab salam kala itu hukumnya wajib sebagaimana secara umum, menjawab salam hukumnya wajib.

Adapun mengenai bersin pada saat membaca Al Quran, hendaknya ia mengucapkan allhamdulillah. Demikian pula jika sedang shallat. Jika ada orang lain bersin lalu mengucapkan allhamdulillah sementara ia sedang membaca Al Quran di luar shallat, hendaklah ia mendoakan orang yang bersin dengan ucapan: yarhamukallah (semoga Allah merahmatimu).

Tatkala ia mendengar suara adzan, hendaknya ia mengentikan bacaannya kaku menjawab lafal-lafal adzan dan iqamah secara berurutan kemudian kembali meneruskan bacaannya. Ini pendapat yang disepakati oleh para ulama.

Dan jika saat membaca Al Quran ia ditanyai sesuatu dan memungkinkan baginya menjawab denga isyarat yang bisa dipahami serta tahu bahwa itu tidak akan melukai hat penanya serta tidk akan berakibat buruk pada hubungan persahabatan dengannya maka mejawab dengan isyarat lebih utama baginya dan tidak perlu mengentikan bacaannya. Walaupun, juga dibolehkan untuk menghentikannya. Wallahu a’lam.

Baca juga : Inilah Adab Membaca Al Quran yang Baik dan Benar

Hubungi admin disini... whatsapp