Select Page

Kiat-Kiat Efektif yang Memudahkan Proses Menghafal Al Quran – Artikel kali ini akan membahasa mengenai kiat-kiat efektif yang memudahkan proses menghafal Al Quran. Kiat-kiat ini juga bisa dipraktekkan bersama keluarga hingga mampu meraih predikat keluarga Qur’ani. Disiplin dan konsisten penting dimiliki dalam proses menghafal Al Quran.

  1. Membagi Waktu

Mulailah dengan membagi waktu hafalan pada tiga bagian utama berikut :

Kiat-Kiat Efektif yang Memudahkan Proses Menghafal Al Quran

  1. Al-Hifdzu

yaitu waktu untuk menghafal yang umumnya dimulai setelah shubuh. Waktu inilah yang dinilai terbaik untuk menghadirkan kemudahan dalam menghafal. Bila Anda memiliki kesibukan di waktu itu maka berusahalah untuk memulainya sebelum shubuh, tepat setelah shallat tahajud.

  • Muraja’ah

yaitu waktu untuk mengulang hafalan. Hal terbaik yang dapat digunakan untuk muraja’ah adalah setiap kesempatan shallat sunnah. Anda dapat mendata seluruh jenis shallat sunnah dari pagi hingga malam, lalu gunakanlah waktu itu untuk muraja’ah hafalan.

  • Mudzakarah

yaitu waktu untuk mengingat-ingat. Waktu ini fleksibel, tergantug pada luangnya aktifitas. Anda dapat memanfaatkan waktu ini saat berjalan, duduk atau bahkan berbaring yang memungkinkan unuk mengingat hafalan Anda.

  • Menyiapkan Perangkat

Para penghafal Al Quran hendaknya menyiapkan berbagai perangkat yang dapat memudahkan proses hafalan. Diantaranya:

  1. Mushaf

Hendaknya para penghafal menggunakan mushaf khusus dalam proses hafalan, tidak mencampur dengan mushaf lainnya. Mushaf inilah yang digunakan hingga selesai mengkhatamkan Al Quran. Alangkah baiknya jika menemukan mushaf yang di desain khusus untuk hafalan.

  • Tempat

Proses menghafal Al Quran juga bergantung pada tempat strategis yang memudahkan proses hafalan. Hendaknya para penghafal Al Quran mencari tempat yang tenang dan memudahkan focus. Anda dapat memilih sebagian tempat di Masjid, Mushala, kamar atau ruang khusus lainnya.

  • Guru

Para penghafal hendaknya memilih guru dalam membimbing saat proses menghafal Al Quran. Carilah guru bersanad yang mampu memastikan benarnya hafalan. Guru yang ketat dalam mengajar lebih baik dibandingkan dengan yang terlalu “toleran”. Bersabarlah dalam belajar dan jagalah adab terhadap guru. Ini akan menjadi penting demi hadirnya keberkahan ilmu.

  • Menentukan Target Waktu

Para penghafal Al Quran mestilah memiliki target waktu dalam menyempurnakan hafalannya.

  • Hafalan Sempurna

Hafalan dinilai sempurna bila sampai pada derajat mutqin, yaitu penguasaan seluruh ayat dari aspek tajwid (tata cara baca)dan tahfizh (kekuatan hafalan). Adapula yang menilai mutqin seperti halnya bacaan Al Fatihah yang fasih, mudh ditampilkan baik terurut ataupun acak.

  • Adab Menghafal

Imam An-Nawawi menulis dalam at-Tibyan beberapa adab utama para penghafal Al Quran.

  • Para penghafal Al Quran hendaknya senantiasa menjaga wudhu dan bersiwak dalam setiap interaksinya dengan Al Quran. Baik saat hafalan ataupun saat muraja’ah
  • Para penghafal Al Quran memilih tempat yang bersih dan suci. Masjid ialah tempat terbaik yang disepakati para ulama karena menghimpun berbagai kemuliaan dan keberkahan.
  • Dianjurkan untuk menghadap kiblat agar lebih menghadirkan kekhusyuan dn ketawadhuan
  • Membiasaka beristi’adzah, memohon perlindungan kepada Allah dari berbagai gangguan setan yang mungkin hadir dalam proses hafalan.
  • Berpenampilan terbaik sebagai penghormatan terhadap kemuliaan dan keagungan Al Quran

Semoga artikel Kiat-Kiat Efektif yang Memudahkan Proses Menghafal Al Quran ini dapat memudahkan kita dalam menghafal Al Quran dan semoga bermanfaat. Aamiin

Hubungi admin disini... whatsapp