Select Page

Inilah Adab Membaca Al Quran yang Baik dan Benar – Al Quran merupakan firman Allah Swt. yang tidak mengandung kebatilan sedikitpun. Al Quran juga memberikan petunjuk dan bimbingan kepada manusia untuk menempuh jalan yang lurus agar selamat dunia dan akhirat. Maka dari itu, tidak ada ilmu yang lebih utama untuk dipeajari oleh seorang muslim melebihi keutamaan mempelajari Al Quran.

Ketika membaca Al Quran, tentunya kita harus memperhatikan adab-adab untuk menyempurnakan pahala dalam bacaan yang kit abaca. Berikut inilah adab membaca Al Quran yang baik dan Benar menurut Islam.

Ikhlas

Wajib bagi orang yang membaca Al Quran untuk ikhlas, memelihara ketika berhadapan dengannya, hendakya ia menghadirkan perasaan dalam dirinya bahwa ia tengah bermunajat pada Allah Sw., dan membaca seakan-akan ia melihat keberadaan Allah Swt., jika tidak bisa melihatnya maka sesungguhnya Allah Swt. melihatnya.

Membersihkan Mulut

Jika hendak membaca Al Quran, hendaknya ia membersihkan mulutnya dengan siwak atau lainnya.

Mawardi (seorang ulama bermadzhab Syafi’i) berkata : “Disunnahkan untuk menyikat sebelah luar dan sebalah dalam gigi, menyikat pokok-pokok gigi, gusi gigi-gigi geraham, dan langit-langit mulut dengan lembut”.

Adapun jika rongga mulutnya terkena najis yang berasal dari darah atau lainnya maka makruh baginya membaca Al Quran sebelum membasuhya.

Dalam Kondisi Suci

Sebaiknya orang yang hendak membaca Al Quran berada dalam kondisi suci dan boleh jika ia dalam keadaan berhadats berdasarkan kesepakatan kaum muslimin, hadits mengenai hal ini banyak dan sudah mahsyur.

Imam Haramain berkata: “Tidak dikatakan bahwa ia melakukan suatu hal yang mekruh akan tetapi ia meninggalkan yang lebih afdhal. Jika ia tidak menemukan air maka gendaknya ia bertayamum, untuk waniita yang biasa istihadhah ia dihukumi sebagaimana orang yang berhadats.”

Untuk orang yang junub dan haid maka haram bagi keduanya membaca Al Quran, satu ayat atau tidak sampai satu ayat. Dibolehkan bagi keduanya untuk membaca Al Quran di dalam hati tanpa dilafalkan, juga boleh melihat mushaf, dan mengingat-ingatnya dalam hati.

Kaum muslimin sepakat bolehnya bertasbih, bertaglil, bertahmid, bertakbir, dan bershalawat atas Rasulullah Saw., serta dzikir lainnya bagi orang yang haid dan orang yang junub.

Itulah tadi beberapa adab dalam mebaca Al Quran. Semoga bermanfaat dan semoga kita semua dilindungi oleh Alla Swt. Aamiin

Baca juga : Rahasia Kemudahan Al Quran

Hubungi admin disini... whatsapp